UH 2 Pendapatan Nasional

Pertanyaan

1.       Untuk apa ya pendapatan nasional harus dihitung ?

2.      Bagaimanakah pendapatan perkapita Indonesia ? Coba cari data di internet dan beri penjelasan tentang pendapatmu!

3.       Carilah perbandingan perndapatan perkapita negara-negara di ASEAN (Jangan lupa cantumkan sumbernya), lalu berikan analisanya !

4.      Jelaskan hubungan pendapatan nasional, jumlah penduduk, dan pendapatan per kapita.

Jawaban

1.-untuk mengetahui struktur ekonomi suatu negara.

  -untuk membandingkan perekonomian suatu negara.

  -untuk membandingkan perekonomian antar daerah.

  -untuk menghitung pendapatan pribadi dalam periode tertentu. 

2. Menurut data yang saya baca, pendapatan perkapita Indonesia sadi tahun 2007 terus mengalami kenaikan. Di tahun 2011 pendapatan perkapita Indonesia mencapai 3.542 USD,dan di tahun 2012 mencapai 3.562,6 USD. dan itu membuktikan bahwa Indonesia semakin maju dan Indonesia termasih negara berpendapatan menengah atas.

3. Dibanding dengan beberapa negara ASEAN, Indonesia masih kalah jauh dengan Malaysia yang pendapatan perkapitanya mencapai 13.685 USD dan Thailand yang pendapatan perkapitanya 7.694 USD. Indonesia hanya menang dari Filipina (3.476 USD) dan Vietnam (2.805 UDS). Tetapi, Indonesia masih memiliki nilai dibawah rata-rata di kawasan Asia timur dan Pasifik, dan Indonesia hanya menang dari Virtnam di peringkat 128. sumber dari :http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/261426-pendapatan-per-kapita-indonesia-us-3-716

4. Pendapatan perkapita didapatkan dari pendapatan nasional, Pendapatan nasional didapatkan dapi pendapatanpara penduduk, jika pendapatan penduduk turun maka pendapatan perkapita ikut turun dan pendapatan nasionalpun ikut turun.

Komentar

Postingan Populer