Nyaman + Menyenangkan + Fokus + Santai = Sukses !



Metode mengajar yang baik menurut saya,  yang terpenting adalah, buat suasana belajar yang nyaman, tidak membosankan, fokus dan santai. Untuk bisa menciptakan kondisi yang seperti itu, maka para guru perlu melakukan metode-metode di bawah ini.

1.       Mengajar  dengan berbagai gaya belajar. Guru harus bisa menjelaskan materi pelajaran dengan menulis, berbicara, juga mungkin dengan presentasi dan gambar. Karena, gaya belajar setiap orang  itu berbeda-beda, ada yang visual, auditori, kinestetik, logis, sosial, dan soliter. Dengan begitu, setiap anak bisa lebih mengerti tentang apa yang dipelajarinya.

2.       Buat kelas menjadi kondusif. Dengan keadaan yang kondusif maka, tercipta kenyamanan. Dan dengan begitu,para murid bisa lebih serius dan tidak terhambat dalam memahami pelajaran. Dan jangan takut untuk menegur murid yang menggangu murid lainnya. Namun, jangan membuat kelas itu menjadi tegang, karena itu bisa membuat murid tertekan dan merasa bosan.

3.       Mengajar dan menjelaskan  dengan praktik. Dengan praktik, murid lebih bisa menangkap pelajaran (mudah dipelajari)  tersebut dan juga bertahan lama dalam ingatan. Manfaatkan barang-barang sekitar untuk melakukan praktik.

4.       Menjelaskan dengan contoh. Dengan contoh-contoh,murid lebih cepat menalar pelajaran itu dan mudah dipahami. Dan bisa menghilangkan kejenuhan.

5.       Menggunakan bahasa mudah dipahami. Gunakanlah bahasa yang dimengerti oleh umum, karena tidak semua anak mengerti bahasa yang rumit. Kalau bertujuan untuk menambah ragam kata, maka perintahkan para murid untuk mencarinya. Karena kalau itu terjadi tiba-tiba itu bisa menghambat belajar.

6.       Buat suatu permainan. Itu digunakan agar para murid merasa rileks dan organ motoriknya bekerja. Buatlah permainan itu bersangkutan dengan pelajaran, agar lebih manfaat. Tetapi, kalau tidak pun itu tidak masalah. Karena itu bisa menghilangkan rasa bosan dan kembali bersemangat.

7.       Adakan evaluasi. Evaluasi yang dimaksud ini, tidak hanya seperti mengerjakan latihan saja, tetapi bisa juga dengan menjelaskan kembali secara ringkas pelajaran yang telah diajarkan.

8.       Sisipkan cerita. Ceritakanlah cerita atau pengalaman anda yang berhubungan dengan pelajaran, dengan cerita itu murid bisa mendapatkan nilai tambah. Walaupun tidak bersangkutan dengan pelajaran pun, yang penting adalah murid bisa mendapatkan ilmu atau pelajaran yang berharga  dari cerita tersebut.

9.       Ajarkan murid untuk aktif. Seperti diadakannya sesi pertanyaan, menjawab soal, tugas untuk presentasi dan mencari refrensi secara kelompok ataupun mandiri dan sebagainya. Dengan seperti ini, para murid bisa lebih berkembang.

10.   Berbicara dengan baik. Yang dimaksud denga berbicara yang baik adalah berbicara dengan tidak terburu-buru, suara yang tidak terlalu kecil, dan berbicara dengan jelas, tidak membuat murid bingung dan menjadi tidak mengerti.

11.   Adakan waktu senggang. Kegiatan itu bisa diisi dengan menonton film, bercerita, dan lainnya. Tetapi, tetap harus ada maanfatnya, sehingga murid tidak rugi. Dan jangan terlalu sering. Dengan kegiatan tersebut, murid tidak merasa bosan dengan pelajaran yang begitu banyaknya.

12.   Mengajar dengan penuh semangat. Dengan semangat yang dibawa oleh guru, muridpun menjadi lebih bersemangat lagi untuk belajar. Dan pikiran menjadi segar kembali.

13.   Berilah tugas yang bervariasi. Berilah tugas yang bervariasi, dengan begitu murid tidak bosan belajar dan bisa menimbulkan semangat.

14.   Beri kenyamanan kepada murid. Jadilah guru yang disenangi oleh anak murid, karena itu bisa mengsukseskan pembelajaran.

15.   Mengenali murid-muridnya. Kalau gurunya mengenali muridnya, berarti guru itu tahu gaya belajar murid-muridnya dan kedekatan guru dan murid pun menjadi lebih baik. Dan karena itu, proses belajar menjadi lebih baik lagi.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat .

By : Lydia A. A.

Komentar

Postingan Populer